Pengertian Technopreneur



A. Pengertian Technopreneur

  • adalah sebuah wirausaha/ inkubator bisnis berbasis teknologi, model materi ini merupakan strategi terobosan baru untuk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat.
B. Idea dalam mengembangkan usaha/bisnis di bidang IT/bidang lainnya ?
  • usaha/ bisnis yang saya gunakan adalah e-commerce.
C. Strategi yang akan kami gunakan ?
  • Dalam strategi pemasaran ada 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran dalam E-commerce ,yaitu :
a. Daur hidup produk : strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
b. Posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan E-commerce: strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha, apakah ingin menjadi pemimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
c. Situasi ekonomi: strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
c. Penggunaan media online: dalam pemasaran melalui E-commerce perlu mempertimbangkan kehandalan berbagai media online dan cakupan areanya, demi meningkatkan daya saing dalam berbagai media yang memanfaatkan jejaring online.
  • Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan : 
a. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai
b. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
c. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
d. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru
  • Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan :
1.      Keaslian lalu-lintas informasi
2.      Optimalisasi google maps
3.      Kampanye pay per click
4.      Promosi di media sosial
5.      Penggunaan blog 
6.      Penggunaan video marketing
7.      Surat kabar digital
D. Keunggulan dari ide usaha yang kami kembangkan ?
  • Tidak ada batas geografis : Memiliki toko fisik artinya Anda akan terbatas pada wilayah tertentu. Dengan memiliki website e-commerce, Anda dapat menjangkau siapapun dan di mana pun, tanpa adanya batasan geografis. Selain itu, semakin maraknya perangkat mobile juga memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen.
  • Mendapatkan konsumen baru lewat via mesin pencari : Banyak orang yang melakukan riset sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Perilaku ini dilakukan karena mereka ingin memastikan bahwa produk yang akan dibelinya nanti memiliki kualitas yang baik, sehingga tidak mengherankan jika banyak dari mereka yang mendarat di website e-commerce yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.
  • Biaya lebih terjangkau : Salah satu aspek yang menonjol pada bisnis e-commerce adalah harga yang lebih murah. Hal ini bisa terjadi karena bisnis e-commerce tidak membutuhkan toko fisik. Dengan kata lain, Anda dapat menghemat biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk membangun ataupun menyewa toko.
  • Mencari produk lebih cepat :  Dengan adanya toko online atau e-commerce ini, pelanggan Anda tidak perlu lagi mengelilingi toko hanya untuk mencari produk yang mereka inginkan. Hanya dengan menuliskan nama produk tersebut di kotak pencarian, mencari produk yang spesifik bukan lagi menjadi masalah.
  • Menghemat waktu : Terkadang, banyak orang yang rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk membeli produk di toko fisik tertentu. Alasannya bisa berbagai macam, namun alasan yang paling umum mengenai hal ini adalah produk tersebut tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dengan adanya e-commerce, mereka dapat mengunjungi toko yang sama secara virtual hanya dengan beberapa klik saja.
  • Memberikan perbandingan harga : E-commerce biasanya juga memberikan fasilitas perbandingan harga, sehingga para konsumen dapat menemukan harga terbaik untuk produk yang sama. Saat ini juga banyak tersedia situs-situs yang menampilkan harga dari berbagai marketplace. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi penetapan harga nantinya.
  • Buka sepanjang waktu :Situs e-commerce dapat berjalan sepanjang waktu, 7 hari 24 jam sepanjang tahun. Hal ini jelas menguntungkan Anda, karena konsumen Anda dapat memesan barang kapan saja. Meskipun beroperasi 24/7, Anda tidak perlu memantau e-commerce Anda seharian penuh, karena e-commerce sudah dilengkapi dengan sistem khusus yang dapat menerima pembelian secara otomatis, dan Anda pun akan menerima pemberitahuan secara realtime.
  • Memudahkan komunikasi bisnis : Dengan memanfaatkan cookies ataupun informasi yang diberikan konsumen di formulir berlangganan, Anda dapat mengakses banyak informasi mengenai konsumen Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyampaikan pesan yang relevan kepada mereka.





Komentar